Modifikasi gaya hidup

1.Diet
Perencanaan menu makanan sangat penting untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan zat gizi. Kebutuhan akan zat gizi ini berbeda-beda, tergantung stadium penyakit ginjal kronik yang Anda alami.


Secara umum, penderita PGK dianjurkan untuk:

• diet rendah garam (sodium), yang bermanfaat membantu mengendalikan tekanan darah dan mencegah tertimbunnya kelebihan cairan tubuh.
• diet rendah fosfat (800-1000 mg/hari).

2. Olahraga
Olahraga bermanfaat membantu mengendalikan kadar gula darah, menurunkan kadar kolesterol darah, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi kelebihan berat badan. Selain dari segi fisik, olahraga juga berpengaruh positif terhadap kesehatan mental dan emosional. Lakukan olahraga secara rutin, misalnya jalan cepat selama >30 menit setiap hari.

3. Menjaga berat badan dalam batas normal
Mengurangi kelebihan berat badan dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol/lemak darah. Sebagai pedoman, indeks massa tubuh (body mass index) normal yang dianjurkan: 18.5 sampai dengan 24.9 kg/m2. Indeks massa tubuh dihitung dengan membagi berat badan (dalam satuan kilogram) dibagi dengan kuadrat dari tinggi badan (dalam satuan meter).

4.Berhenti merokok
Merokok dapat mengakibatkan kerusakan pada dinding pembuluh darah

sehingga kolesterol mudah tersangkut dan membentuk timbunan plak pada dinding pembuluh darah.

Endapan kolesterol menyebabkan dinding pembuluh darah menebal dan mengeras sehingga rongga pembuluh darah mengalami penyempitan.

Keadaan ini menyebabkan berkurangnya aliran darah yang menuju ginjal dan meningkatnya tekanan darah. Oleh karena itu, individu dengan PGK yang memiliki kebiasaan merokok sangat dianjurkan untuk sedapat mungkin berhenti merokok sama

(www.sahabatginjal.com)

4 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s