PERAN PARIPURNA PERAWAT PADA INISIASI HEMODIALISIS

oleh : febru isfandiari

ABSTRAK
Bagi sebagian besar masyarakat pada saat mengetahui bahwa dirinya atau keluarga dekatnya telah dinyatakan menderita Gagal Ginjal dan harus melaksakan Hemodialisis, merasa sebagai sebuah vonis yang sangat menakutkan.
Disisi lain Hemodialisis yang dianjurkan oleh dokter adalah bermaksud membantu dan mengeluarkan atau mencegah situasi yang lebih parah akibat fungsi ginjal terganggu atau mengalami kegagalan.
Inisiasi Hemodialisis bukan saja mempengaruhi fisik pasien tetapi lebih jauh lagi akan mempengaruhi physikis dari pasien.
Pada tataran fungsi Perawat Dialisis saat pelaksanaan Inisiasi Hemodialisis adalah tidak hanya pada fungsi melaksanakan prosedur saja, tetapi lebih dari pada itu Perawat berfungsi sebagai pemberi garansi terhadap tercapainya tujuan pelaksanaan Hemodialisis dan kesiapan pasien untuk melaksanakan Inisiasi HD dan HD selanjut nya.
Disinilah pentingnya fungsi Perawat, tidak hanya menyiapkan tindakan HD nya tetapi yang tidak kalah pentingnya adalah menyiapkan mental pasien dan keluarga pasien.
Pada saat Dokter sudah menentukan akan dilaksanakan Inisiasi Hemodialisis, maka pada saat itu juga Perawat sudah harus memulai fungsi Kemitraan dengan Dokter dan dengan Pasien atau keluarga. Perawat segera menjumpai Pasien atau keluarga untuk mengetahui keadaan terakhir pasien, menerangkan dengan seksama tentang Hemodialisis secara detail.
Yang diharapkan dari pelaksanaan fungsi Kemitraan ini adalah Pasien/Kelurga mendapatkan penjelasan yang benar tentang kenapa harus HD, apa itu HD, Vaskuler akses dan tidak ketinggalan berbagai kemungkinan komplikasi saat HD berlangsung. Dengan demikian Pasien dapat diharapkan kerja sama nya untuk pelaksanaan inisiasi HD yang akan dilaksanakan.
Kegagalan melaksanakan fungsi Klinik dan fungsi kemitraan ini mengakibatkan pasien tidak menerima inisiasi HD sehingga pada pelaksanaan HD tidak tercapai adekuasi. Bahkan sering terjadi pasien menolak pelaksanaan inisiasi HD dan atau Hemodialisis kedua.
Akhirnya Perawat dalam melaksanakan fungsi pada saat Inisiasi HD harus paripurna artinya tidak saja fungsi klinik tetapi fungsi kemitraan yang menyentuh non fisik pasien sangat menetukan keberhasilan dan kesinambungan pelaksanaan Hemodialisis.
Bagaimana pun juga Perawat harus siap dan senantiasa menyiapkan diri untuk mengemban fungsi paripurna ini agar pelaksanaan Hemodialisis mencapai sasaran atau tujuannya.
Kata Kunci : Inisiasi HD, Fungsi Paripurna dan Adekuasi HD.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s