Mendeteksi Ginjal dan Saluran Kemih Kelainan Sebelum Lahir

Pemeriksaan USG sering dilakukan sebagai bagian dari perawatan prenatal. Tes ini memungkinkan dokter untuk memeriksa bayi sebelum mereka dilahirkan. Dengan USG, dokter dapat melihat organ internal bayi, termasuk ginjal dan kandung kemih. Kadang-kadang, suatu kelainan terdeteksi di saluran kemih berkembang. Seorang dokter kemudian dapat menentukan apakah pengobatan diperlukan. Orang tua harus tahu bahwa, dalam banyak kasus, kelainan ini tidak memiliki dampak besar pada kesehatan secara keseluruhan anak.

Apa yang menyebabkan kelainan saluran kemih terjadi sebelum lahir?

Dalam sekitar satu dari 500 kelahiran, beberapa kelainan terjadi dalam pengembangan ginjal atau saluran kemih. Hal ini tidak benar-benar diketahui mengapa hal ini terjadi. Perkembangan saluran kemih merupakan proses yang kompleks yang tidak sepenuhnya dipahami. Masalah dalam pengembangan saluran kemih yang terjadi sebelum kelahiran disebut “bawaan.”

Apa jenis kelainan dapat terjadi?

Dalam beberapa kasus, satu atau kedua ginjal mungkin gagal untuk berkembang. Dalam kasus lain, suatu kelainan dapat hadir yang menghalangi aliran urin. Penyumbatan ini dapat menyebabkan urin untuk kembali ke ginjal, suatu kondisi yang disebut hidronefrosis, yang menyebabkan ginjal untuk tampak membesar pada tes ultrasound. Kelainan lain yang umum disebut refluks. Hal ini terjadi ketika mekanisme katup seperti pada titik di mana ureter bergabung kandung kemih tidak bekerja, yang memungkinkan urin untuk mencuci kembali ke ginjal.

Apakah ada berbagai jenis penyumbatan?

Iya nih. Penyumbatan dapat terjadi pada titik di mana ureter daun panggul ginjal, atau pada titik di mana kandung kemih bermuara uretra. Kelainan ini saluran kemih dapat dikaitkan dengan infeksi saluran kemih pada anak-anak, yang dapat menyebabkan cedera ginjal. Namun, bila terdeteksi dini dan diobati dengan tepat, cedera ginjal dapat dihindari dalam banyak kasus.

Apakah penyumbatan ini selalu menyebabkan kerusakan ginjal?

No Sebelum lahir, plasenta ibu melakukan sebagian besar fungsi ginjal. Akibatnya, bayi dengan kelainan saluran kemih umumnya berkembang secara normal sebelum pengiriman. Selain itu, ginjal atau saluran kemih banyak kelainan terdeteksi sebelum kelahiran tidak memiliki dampak besar pada kesehatan secara keseluruhan dari bayi setelah persalinan. Namun demikian, kondisi tertentu dapat mengganggu fungsi ginjal bayi atau pertumbuhan setelah lahir. Misalnya, aliran parah diblokir urin dapat merusak ginjal berkembang dan mengakibatkan fungsi miskin setelah lahir, kondisi yang disebut displasia. Jika kedua ginjal yang terlibat, jumlah urin dapat serius menurun. Akibatnya, mungkin tidak ada cairan ketuban cukup sekitarnya janin, dan paru-paru bayi mungkin juga akan terpengaruh.

Apa yang terjadi jika anak hanya memiliki satu fungsi ginjal?

Dalam kasus di mana hanya satu ginjal dipengaruhi, ginjal lainnya biasanya mampu meningkatkan ukuran dan fungsi untuk mengkompensasi ginjal yang abnormal. Anak-anak dengan hanya satu ginjal yang normal masih memiliki fungsi ginjal yang cukup untuk tumbuh dan berkembang secara normal.

Harus kelainan saluran kemih diobati sebelum kelahiran?

Pada sebagian besar bayi dengan kelainan kongenital saluran kemih, tidak ada perawatan yang diperlukan sampai setelah melahirkan. Namun, dokter Anda mungkin ingin melakukan pemeriksaan USG diulang selama kehamilan untuk memantau perkembangan ginjal bayi Anda.

Apa yang perlu dilakukan setelah bayi lahir?

Setelah melahirkan, dokter akan memeriksa bayi Anda dengan hati-hati dan meminta tes tertentu untuk mengetahui lebih lanjut tentang kondisi bayi Anda. Tekanan darah bayi akan diukur menggunakan manset tekanan darah bayi. Seringkali, USG ginjal bayi dan kandung kemih akan dilakukan untuk mendapatkan melihat lebih dekat pada ginjal bayi Anda dan kandung kemih daripada yang mungkin sebelum pengiriman.

Tes lain yang sering dilakukan disebut voiding cystourethrogram. Dalam tes ini, tabung tipis yang disebut kateter dimasukkan ke dalam kandung kemih bayi Anda melalui uretra, dan kandung kemih diisi dengan dye x-ray. Kateter kemudian dihapus dan x-ray diambil sebagai bayi buang air kecil. Tes ini mengevaluasi kandung kemih dan uretra bayi, dan juga menentukan apakah refluks hadir.

Pada bayi yang memiliki hidronefrosis, jenis x-ray yang disebut scan ginjal sering dilakukan. Dalam tes ini, sejumlah kecil pelacak radioaktif disuntikkan ke pembuluh darah. Pelacak ini dihapus dari darah dan diekskresikan oleh ginjal. Dengan mengukur waktu ginjal mengambil untuk menghapus pelacak ini, dokter dapat memberitahu seberapa baik fungsi ginjal dan apakah ada sesuatu yang mencegah mereka dari mengosongkan benar. Scan ginjal sering dilakukan beberapa minggu setelah lahir sehingga ginjal bayi punya waktu untuk mulai berfungsi di luar rahim.

Apa yang bisa saya harapkan untuk anak saya?

Bayi dengan kelainan saluran kemih terdeteksi oleh USG prenatal sering melakukannya dengan sangat baik. Namun demikian, bayi dengan kondisi ini perlu hati-hati evaluasi lahir berikut untuk melihat apakah pengobatan diperlukan. Bayi Anda mungkin hanya perlu kunjungan berkala ke dokter Anda, atau spesialis dalam pengobatan anak-anak dengan kelainan bawaan saluran kemih. Kadang-kadang, dosis antibiotik pada waktu tidur yang diresepkan. Kadang-kadang, bayi dengan kelainan saluran kemih mungkin perlu operasi untuk memperbaiki masalah. Dokter Anda dapat memberikan informasi lebih lanjut mengenai kelainan kongenital saluran kemih.

Sumber :

© 2015 National Kidney Foundation

Lebih lanjut bisa lihat di Lihat disini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s